ESSAY

Writer / NIM
DESI POLINTO / 151412138
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Polinto Desi. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Pelestarian Alam Melalui model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas III SDN 09 Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd Dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Hasil belajar siswa tentang materi pelestarian alam dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran STAD?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 09 Dulupi Kabupaten Boalemo pada mata pelajaran IPA tentang materi pelestarian alam melalui model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 17 siswa di kelas III SDN 09 Dulupi tahun 2016. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan metode STAD maka hasil belajar siswa tentang materi pelestarian alam meningkat. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 11 siswa atau 64,70% dan siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 16 siswa atau 94,11%. Dari pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran STAD hasil belajar siswa pada materi pelestarian alam di kelas III SDN 09 Dulupi Kabupaten Boalemo mengalami peningkatan. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, model pembelajaran, Students Teams Achievement Divisions.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011