ESSAY

Writer / NIM
SUSANTI NGABITO / 151412141
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Susanti Ngabito, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan bulat di Kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari 24 siswa yang dikenai tindakan, yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal 75 ke atas hanya 9 siswa atau 37,5%, sedangkan yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal 75 ke atas sebanyak 62,5%. Hal ini belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan siklus II, dari 24 siswa yang dikenai tindakan sebanyak 20 siswa atau 83,4% yang berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan, sementara yang belum berhasil hanya 16,6%. Hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Make a Match, pemahaman konsep, penjumlahan bilangan bulat
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011