ESSAY

Writer / NIM
YUNITA MOKODOMPIT / 151412142
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
Yunita Mokodompit. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, Pembimbing II. Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa melalui pendekatan CTL dalam pembelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Telaga dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pendekatan CTL di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan telah dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 33 orang siswa. Pada siklus I terdapat 25 orang yang tuntas (76%) dan 8 orang siswa yang tidak tuntas (24%). Pada siklus II terdapat 32 orang siswa yang tuntas (97%) dan 1 orang siswa yang tidak tuntas (3%). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning/ CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching and Learning / CTL.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011