ESSAY

Writer / NIM
RAHAYU HARUN / 151412144
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
RAHAYU HARUN 2017. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SDN 38 HULOMDALANGI KOTA GORONTALO, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan identifikasi di atas maka penelitian ini, dibatasi pada peningkatan hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas IV SDN NEGERI NO.38 HULONDALANGI KOTA GORONTALO. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah berdasarkan rumusan masalah yang di ajukan dalam penelitian ini maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam , melalui pendekatan pembelajaran kontekstual di SDN NO.38 Hulondalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas subjek penelitian 25 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah " jika dalam pembelajaran digunakan pendekatan Kontekstual maka hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN NO.38 Hulondalangi Kota Gorontalo akan meningkat". Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA sebanyak 11 siswa dengan presentase 55% sedangkan siklus II, telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 17 siswa dengan presentase 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekata kontekstual(CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN NO.38 Hulondalangi Kota Gorontalo Kata Kunci: Hasil Belajar, Sumber Daya alam, Pendekatan Kontekstual CTL
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011