ESSAY

Writer / NIM
ITIN J. SALIMO / 151412156
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK ITIN J. SALIMO. 2016. Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Model Cooperative Script pada Siswa Kelas V SDN 13 Kwandang Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Dajani Suleman, M. Hum dan pembimbing II: Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui model cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa kelas V SDN 13 Kwandang Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui model cooperative script pada siswa kelas V SDN 13 Kwandang Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini mengikuti desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus meliputi tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyimak dapat ditingkatkan melalui model Cooperative Script sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian pratindakan dengan jumlah 18 siswa diperoleh 6 siswa atau 33% yang sudah mampu menyimak dan 12 siswa atau 66% belum mampu menyimak dengan baik. Pada siklus I dari 18 siswa terdapat 10 siswa atau 55% yang sudah mampu menyimak dan 8 siswa atau 44% belum mampu menyimak. Sedangkan pada siklus II 16 siswa atau 88% yang sudah mampu menyimak dan 2 siswa atau 11% belum mampu menyimak. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan melalui model cooperative script kemampuan menyimak pada siswa kelas V SDN 13 Kwandang Kecamatan Kwandang Kabupaten Goronrtalo Utara meningkat. Kata kunci : menyimak, model cooperative script
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011