ESSAY

Writer / NIM
DESITA RISKA DEWI / 151412158
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
DESITA RISKA DEWI. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB dan KPK Melalui Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV SDN 07 Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas IV SDN 07 Randangan Kabupaten Pohuwato?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK melalui model pembelajaran talking stick di kelas IV SDN 07 Randangan Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus dan melalui empat tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, tahap analisi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 25 siswa terdapat 13 siswa (52%) yang memperoleh nilai 65 dengan persentase 61% dan yang belum berhasil terdapat 12 siswa (48%) Dengan demikian indikator yang telah ditetapkan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai KKM 65 ke atas belum tercapai sehingga pembelajaran dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan bahwa dari 25 siswa terdapat 22 siswa (88%) yang memperoleh nilai 65 dengan persentase 81% dan yang belum berhasil terdapat 3 siswa (12%) dan siswa yang belum berhasil diberi bimbingan atau remedi. Dengan demikian indikator yang telah ditetapkan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai KKM 65 ke atas telah tercapai. sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick meningkatkan hasi belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas IV SDN 07 Randangan Kabupaten Pohuwato Kata Kunci : Hasil Belajar, Talking Stick
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011