Writer / NIM
SRI YOLANDA NOHO / 151412172
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Abstract
ABSTRAK
SRI YOLANDA NOHO. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menggambar Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud S.Pd, M.Si, Pembimbing II Dra. Hj. Tuti Wantu M.Pd. Kons.
Rumusan masalah Apakah melalui pendekatan kontekstual kemampuan menggambar pada siswa kelas IV SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggambar melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdari dari dua siklus. Pada observasi awal menunjukkan dari 20 siswa yang memiliki kemampuan menggambar sebesar 6 siswa atau 30%. Hasil penelitian siklus I terjadi peningkatan yaitu sebesar 10 siswa atau 50%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 16 siswa atau 80%.
Dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual kemampuan menggambar pada siswa kelas IV SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Menggambar, Kontekstual.
Download files