ESSAY

Writer / NIM
SUSANTI LAHIDJUN / 151412184
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Susanti Lahidjun. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SDN No. 99 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar pada siswa kelas V SDN No.99 Sipatana Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar pada siswa kelas V SDN No.99 Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 20 siswa yang diberi tindakan pembelajaran terdapat 8 siswa atau 53,3% yang memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian, indikator kinerja 75% siswa memperoleh tindakan nilai 75 ke atas belum tercapai, sehingga tindakan pembelajaran di lanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 17 siswa atau 89,5% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas, pembelajaran sudah tercapai sehingga tindakan tidak di lanjutkan lagi. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran make a match kemampuan menghitung luas bangun datar pada siswa kelas V SDN No. 99 Sipatana Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Kemampuan Menghitung Luas Bangun Datar, Make A Match.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011