ESSAY

Writer / NIM
RADEN UDIN / 151412186
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
ABSTRAK Raden Udin. Pengaruh status ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. 2017. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing 2. Dra. Elmia Umar, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh status ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variable X (Status ekonomi orangtua) dan variabel Y (motivasi belajar siswa). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik koesioner yang berisi aspek-aspek kedua variabel tersebut. Dari data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh signifikan. Dari hasil perhitungan diperoleh suatu persamaan regresi yaitu = 82+02X. Hal ini berarti bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (status sosial ekonomi orangtua) akan berakibat terjadinya perubahan rata-rata 0.2 unit pada variabel Y (motivasi belajar siswa). Dari hasil uji keberartian koefisien korelasi r = 199, diperoleh harga dari thitung sebesar 0.3, sedangkan dari daftar distribusi diperoleh t(0.99)(33) = 4.20. ternyata tHitung lebih kecil dari tDaftar atau harga thitung berada di daerah penerimaan HO. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa HO diterima dengan koefisien korelasi sangat berarti atau diterima. Selanjutnya dari harga r = 0.441 didapat koefisien determinasi sebesar 0.02 (2%). Hal ini berarti bahwa sekitar 2% variasi yang terjadi pada variabel Y (motivasi belajar siswa) dapat dijelaskan oleh variabel X (status ekonomi orangtua) dengan persamaan regresi = 82+ 0.25X. Berdasarkan hasil analisis data tersebut di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi: "Terdapat pengaruh status ekonomi oraangtua terhadap motivasi belajar siswa di SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo" dapat diterima. Kata Kunci : Status Ekonomi Orangtua, Motivasi Belajar ABSTRACT Raden Udin. The Influence of Economic Status of towrd Students' Motivatioan to learn in SDN 12 Limboto, Distict of Gorontalo. 2017. Skripsi, Departemnt of Elementary School teacher Educasion, faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal Supervisor is Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si and Co-supervisor is Dra, Elmia Umar, M.Pd This study aims at fiding out extent of parents' economic status on students' motivation to learn in SDN Limboto, District of Gorontalo. This Study consists of two variables, the X variable (parents' economic status) and Y variable (students' motivation to learn). The data collection method is distribution of questionnaire on aspects of those variables. It can be concluded that both variables have significant influence. The regression formula is = 82+ 0.25X. which means that each unit increase on X variable (parents' economic status) will be followed by average of 0.2-unit in Y variable (students' motivation to learn). From the significance test, the correlation r= 199, and tcount is 0.3, whereas from the distribution table the t(0.99)(33)= 4.20. This means that tcount is smaller than ttable or that the tcount is within the acceptance rage of Ho. Therefore, it can be said that the H o is accepted with very significant correlational coeffcient. Further, from the value of r = 0.441, the determinant coefficient obtained is 0.02 (2%). This means that that 2% of variation in Y variable (students' motivation to learn) can be described by X variable (parents' economic status) with the regression formua of = 82+ 0.25X. Therefore, it is concuded that the hypothesis which stated, "there is an influence of parents' economic status on students' motivation to learn SDN Limboto District of Gorontalo" is accepted Keywords: Parents' Economic Status, Learning Motivation.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011