ESSAY

Writer / NIM
NILAWATI A. IDIRANI / 151412204
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Idirani, Nilawati A. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang materi sumber daya alam di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah "jika guru menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat". Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 14 siswa dengan presentase 56 % sedangkan siklus II, telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 22 siswa dengan prentase 88 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Sumber Daya Alam, Model Problem Based Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011