ESSAY

Writer / NIM
MARLES ASTRINI SEIK / 151412214
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Seik, Marles Astrini. 2016. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Gamar Abdullah S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 84 Kota Tengah. Sampel penelitian siswa kelas V terdiri dari 36 orang. Data kecerdasan emosional diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa, sedangkan nilai hasil belajar mata pelajaran IPA diperoleh dari nilai ujian tengah semester siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik yaitu korelasional product moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,51 dan uji keberartian koefisien korelasi uji t diperoleh thitung (3,46) > ttabel (2,04) pada taraf nyata = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 84 Kota Tengah. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011