ESSAY

Writer / NIM
RIWIN MOODUTO / 151412220
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Riwin Mooduto.2016. Pemanfaatan Sumber belajar Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS di Kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan pembimbing II Nurhayati Tine S.Pd.I M,Hi Penelitian didasarkan pada rumusan masalah yaitu: "Bagaimana Pemanfaatan sumber belajar dalam memotivasi belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo". Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan sumber belajar dalam memotivasi belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo. Untuk hasil dari data penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknis analisis data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo diperoleh bahwa sumber belajar yang di sekolah kurang dan belum dimanfaatkan secara efektif. Adapun Sumber belajar yang kurang dalam proses pembelajaran yaitu buku mata pelajaran, perpustakaan yang belum memotivasi siswa belajar karena perpustakaan dibuka waktu istrahat dan perpustakaan ini memiliki Hambatan yaitu masih kurang koleksi perpustakaan terutama jumlah buku untuk mata pelajaran IPS dan terbatasnya sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan dan Penataan ruang perpustakaan belum maksimal, dan lingkungan sekolah yang tidak mendukung proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yaitu pemanfaatan sumber belajar di kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten boalemo hanya beberapa siswa sudah memanfaatkan sumber belajar dengan baik walaupun sumber belajar kurang, dan sebagian siswa belum termotivasi belajar karena sumber belajar kurang. Kata kunci : Sumber belajar, Motivasi, Pembelajaran IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011