ESSAY

Writer / NIM
INDRIANI SULEMAN / 151412223
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK INDRIANI SULEMAN. Peran Sekolah Dalam Menerapkan Disiplin Di SDN 66 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi SI Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Peran Sekolah Dalam Menerapkan Disiplin Di SDN 66 Kota Timur?". Tujuan dari penelitian ini adalah "mengetahui peran sekolah dalam menerapkan disiplin di SDN 66 Kota Timur". Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Peran skolah dalam menerapkan disiplin di SDN 66 Kota Timur dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : 1) Pada Intra sekolah yang meliputi a) Disiplin dalam hubungannya dengan waktu belajar, b) Disiplin yang ada hubungannya dengan tempat belajar, c) Disiplin yang ada hubungannya dengan norma dan peraturan dalam belajar. 2) Pada ekstrakurikuler meliputi a) Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, b) Sikap keingintahuan anak terhadap hal-hal baru akan mendorong mereka untuk lebih bereksplorasi, dan membangun kepercayaan diri, c) Diluar kelas biasanya anak akan lebih mudah mengekspresikan sisi emosionalnya, d) Berhubungan dengan orang-orang dalam satu klub ekstrakurikuler akan membantu anak mengasah keterampilan kepemimpinan, Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa sekolah sudah maksimal, yaitu menumbuhkan sikap sadar diri terhadap siswa sehingga siswa menjadi disiplin, saling menjaga komunikasi, mendorong siswa menjadi patuh, dan selalu mengakui suatu sikap yang dianggap salah. Kata kunci : Sekolah Dasar, Disiplin, Siswa ABSTRACK INDRIANI SULEMAN. 2017. Role of School in Applying discpline at SDN 66 Kota Timur, Gororontalo city. Skripsi. Bachelor study program of elementary school teacher education, faculty of education, state university og Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd and Co-supervisor of is Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. The research problem is addressed to how the school's roll in applying discipline at SDN 66 Kota Timur, Gorontalo city is. The research aims at understanding school's role in applying discipline at SDN 66 Kota Timur, Gorontalo city. It applies qualitative method while techniques of data collection are interview, observation, and recumantation. Data analysis applies qualitative descriptive which covers data reduction, data presentation, and conclusion. Research findings reveal that the school's role in applying discipline are conducted in several ways such as 1) intra school are about a) discipline on time for studying, b) discipline on place to study, c) discipline on the relationship between norm and rules in learning. 2) Extracurricular are, a) participation in the school events, b) child's curiosity to new things encourages them to explore and establish self-confidence, c) outside of the classroom, children are usually easy to express their emotion, d) interaction among group members will help children to improve their skills and leadership. It can be concluded that he school has been working optimally. It can be observed from an effort to encourage student's self-awareness weach leads to better discipline, communication, obedience, and responsible commited to mistake. Keywords : elementary school, student's, dicipline
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011