ESSAY

Writer / NIM
HASTRIYANDI IRFAN / 151412224
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Irfan, Hastriandi. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangka Manusia Dan Fungsinya Kelas IV Di SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan metode pembelajaran scaffolding. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini berjumlah 19 orang siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah "jika guru menggunakan metode pembelajaran scaffolding maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo akan meningkat". Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 13 orang siswa dengan presentase 68%, sedangkan siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 16 orang siswa dengan presentase 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Rangka Manusia dan Fungsinya, Metode Pembelajaran Scaffolding
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011