ESSAY

Writer / NIM
SAID BILALEYA / 151412228
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Said Bilaleya, 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Peristiwa Rotasi dan Revolusi Bumi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VI SDN 08 Mananggu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa rotasi dan revolusi bumi di kelas VI SDN 08 Mananggu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Peristiwa Rotasi dan Revolusi Bumi melalui Model STAD di Kelas VI SDN 08 Mananggu. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Peningkatan pemahaman siswa tentang materi Peristiwa rotasi dan revolusi bumi pada mata pelajaran IPA di siklus I sampai dengan pelaksanaan tindakan siklus II dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD nampak sekali terjadi peningkatan yang positif. Artinya bahwa, dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA khusunya tentang materi Peristiwa rotasi dan revolusi bumi terhadap peningkatan pemahaman siswa sehingga sangat relefan untuk disajikan kepada siswa. Data hasil pengamatan pemahaman belajar siswa pada siklus I dan siklus II, dimana pemahaman siswa pada siklus I mencapai 11 orang atau 57.9%. dan untuk siklus II meningkat menjadi 16 orang dengan presentase 84.21 %. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa pada materi Peristiwa rotasi dan revolusi bumi. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Kooperatif Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011