ESSAY

Writer / NIM
IRA LANTOWA / 151412235
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
Ira Lantowa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Model Number Head Together Kelas II SDN 2 Karya Baru Kabupaten Pohuwato. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Bimbingan Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Dajani Suleman, M.Hum selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model number head together dapat meningkatkan kemampuan siswa bercerita di Kelas II SDN 2 Karya Baru Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1secara klasikal menunjukkan sudah mampu bercerita hanya 9 orang 60% . Sedangkan 6 orang siswa atau 40% yang belum mampu bercerita, atau berada di bawah indikator kinerja yang telah ditetapkan. Adapun pada siklus 2 meningkat menjadi 12 orang siswa melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan atau yang sudah mampu bercerita sebesar 80%. Sedangkan 3 orang siswa atau 20% yang belum mampu dalam bercerita Sehingga hipotesis Jika guru menggunakan model Number Head Together dalam pembelajaran bahasa indonesia, maka dapat meningkatkan kemampuan siswa bercerita di Kelas II SDN 2 Karya Baru telah terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci: Kemampuan Bercerita, Model Number Head Together
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011