ESSAY

Writer / NIM
WARNI TOMAYAHU / 151412251
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Warni Tomayahu. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyampaikan Pesan Pendek melalui permainan Bisik Berantai di Kelas 2 SDN 11 Mananggu Kabupaten Boalemo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S,Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan Siswa Menyampaikan Pesan Pendek melalui permainan Bisik Berantai di Kelas II SDN 11 Mananggu Kabupaten Boalemo. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan observasi awal sebanyak 12 siswa (48%) yang sudah mampu. Pelaksanaan tindakan siklus I dengan rata-rata keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan pesan pendek melalui permainan bisik berantai sebanyak 16 siswa (64%) yang sudah mampu. Dari kegiatan siklus II adalah rata-rata sebanyak 22 siswa (88%) yang sudah mampu menyampaikan pesan dengan lancar. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa melalui penggunaan permainan bisik berantai yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menyampaikan pesan siswa pada setiap siklus. Secara khusus peningkatan kemampuan tersebut terjadi sangat signifikan pada aspek berbicara sesuai lafal dan intonasi. Sehingga secara umum kemampuan siswa menyampaikan pesan pendek melalui permainan bisik di Kelas 2 SDN 11 Mananggu Kabupaten Boalemo meningkat. Kata Kunci: Menyampaikan Pesan, Permainan Bisik Berantai
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011