ESSAY

Writer / NIM
FADLI ILAHUDE / 151412252
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Fadli Ilahude 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Materi Bentuk Energi dan Cara Penggunaannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 14 Botumoito. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM, dan Pembimbing II. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada materi bentuk energi dan cara penggunaannya pemahaman siswa di kelas IV SDN 14 Botumoito dapat ditingkatkan? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Materi Bentuk Energi dan Cara Penggunaannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN 14 Botumoito. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka pemahaman siswa pada materi bentuk energi dan cara penggunaannya di kelas IV SDN 14 Botumoito akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa tentang materi bentuk energi dan cara penggunaannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 14 Botumoito sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa tentang materi bentuk energi dan cara penggunaannya melalui model pembelajaran tipe jigsaw di kelas IV SDN 14 Botumoito, meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Bentuk Energi, Pembelajaran Kooperatif Zigsaw.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011