Writer / NIM
						SUARNI ARBABU / 151412253
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Advisor 1 / NIDN
						Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
						Advisor 2 / NIDN
						Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
						Abstract
						Adapun  permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  "apakah  metode  pemberian  tugas  dapat 
meningkatkan  hasil  belajar  siswa,  dengan  materi  tentang    jual  beli  di  lingkungan  sekolah 
kelas III SDN 09 Mananggu kabupaten Boalemo?" tujuan penelitian ini adalah dengan materi 
tentang jual beli di lingkungan sekolah, kelas III SDN 09 Mananggu.
metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  Penelitian  Tindakan  Kelas 
(PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri 
dari  4  tahapan,  yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,  pemantauan  dan  evaluasi,  analisis  dan 
refleksi.
Hasil  kegiatan  penelitian  tindakan  kelas  ini  menetapkan  indikator  keberhasilan  dari  hasil 
belajar  yang  teramati  telah  menghasilkan    dalam  belajar,  dimana  pada  siklus  kedua  proses 
perubahan  belajar  meningkat  dengan  baik  dengan  prosentasi  akhhir  sebesar  88%  atau  21 
orang dari 24 siswa yang tingkat hasil belajarnya  mengalami peningkatan pada hasil belajar 
siswa materi tentang  jual beli di lingkungan sekolah melalui metode pemberian tugas di SDN 
09 Kecamatan Mananggu.
Dengan demikian hipotesis  yang berbunyi  " Jika digunakan metode pemberian tugas maka 
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan" dinyatakan diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Metode Pemberian Tugas
						Download files