ESSAY

Writer / NIM
YULAN SALIKO / 151412264
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstract
ABSTRAK Yulan Saliko. 2014, Judul Penelitian "Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Pair Cheks Kelas V di SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo". Skripsi. Dibawah Bimbingan Bapak Drs. H. Haris Mahmud,M.Si dan Bapak Muchtar Ahmad, S.Pd.,M.Si Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan model Pembelajaran Pair Cheks dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V di SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Pair Cheks Kelas V di SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan hasil pengamatan awal peneliti dari 31 orang siswa tersebut hanya 11 orang siswa atau 35% dapat berhasil dengan baik, dan sekitar 65% atau 20 orang siswa yang masih belum mencapai criteria ketuntasan minimal. Hasil nilai pada Siklus I setelah dilakukan persiapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Pair Cheks diperoleh hasil pembelajaran tentang Perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan siswa kelas V SD Negeri 2 Mananggu Kecamatan Mananggu mengalami peningkatan keberhasilan belajar terutama dalam bentuk prestasi belajar individu siswa pada materi Perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Pair Cheks 20 orang (65%) tuntas hasil belajarnya dan belum tuntas prestasi belajarnya 11 orang (35%). Dan prestasi belajar setelah dilakukan penindakan pada siklus II di peroleh nilai dengan nilai rata-rata kelas V SD Negeri 2 Mananggu Kecamatan Mananggu dalam peningkatan keberhasilan belajar tentang Perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Pair Cheks 28 orang (90%) tuntas hasil belajarnya dan belum tuntas hasil belajarnya 3 orang (10%). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V SDN 02 Mananggu Kabupaten Boalemo sudah meningkat dengan menggunakan model pembelajaran PAIR CHEKS Kata Kunci ;Prestasi dan Model Pair Cheks
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011