ESSAY

Writer / NIM
RAMANG TAKE BIKI / 151412269
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstract
Ramang Take Biki, 2014, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Peristiwa Alam Melalui Metode Inkuiri Terbimbing di Kelas 5a SDN 01 Buntulia Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato". Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI,S.Pd.M.Pd (II) Dr. Lukman AR. Laliyo,S.Pd,M.Pd,MM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Apakah penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa alam di kelas 5a SDN 01 Buntulia?". Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa alam melalui metode inkuiri terbimbing di kelas 5a SDN 01 Buntulia Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 20 siswa di kelas 5a SDN 01 Buntulia tahun 2014. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika hasil belajar siswa materi peristiwa alam di kelas 5a SDN 01 Buntulia dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 12 siswa atau 60% dan siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 17 siswa atau 85%. Dari pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan metode inkuri terbimbing hasil belajar siswa materi peristiwa alam di kelas 5a SDN 01 Buntulia Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato mengalami peningkatan. Kata Kunci :, Hasil belajar siswa, Metode inkuiri terbimbing, Peristiwa Alam, SDN 01 Buntulia.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011