ESSAY

Writer / NIM
JUNARJO ADAM / 151412283
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Junarjo Adam, "Meningkatkan Minat Siswa Dan Pemahaman Tentang Materi Mengenal Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Teaching di Kelas IV SDN 10 Mananggu" tahn 2014 dengan Pembimbing 1 Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, dan Pembimbing 2 Samsi Pomalingo, S.Ag. MA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat siswa dan pemahaman siswa terhadap materi mengenal masalah sosial pada mata pelajaran IPS melalui tipe guided teaching bagi siswa kelas IV SDN 10 Mananggu. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Classroom Action Research model Kemmis dan Tagart. Temuan penelitian adalah; (1) langkah-langkah pembelajaran Kooperatif tipe guided teaching telah dilaksanakan dengan baik, yaitu sebesar 87%, (2) keterlaksanaan kegiatan siswa dalam Kooperatif tipe guided teaching telah dilaksanakan dengan baik, yaitu sebesar 86%, (3) jumlah Peserta didik yang telah mencapai KKM, sebanyak 80% dari 10 Peserta didik kelas IV SDN 10 Mananggu, dan (4) minat belajar siswa yang meliputi; perhatian, percaya diri, kepuasan, dan relevansi minimal telah mencapai 90%. Berdasarkan temuan ini maka disimpulkan bahwa, "dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe guided teaching maka minat dan pemahaman tentang pelajaran IPS khususnya materi mengenal masalah sosial pada siswa kelas IV SDN 10 Mananggu, meningkat" Kata kunci: Guided Teaching, minat, dan pemahaman
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011