ESSAY

Writer / NIM
YUSNI BOTUTIHE / 151412286
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
Yusni Botutihe. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Data hasil pengamatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 13 orang atau 54.17%,yang belum tuntas berjumlah 11 orang atau 45.83% dan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 20 orang atau 83.33% dan yang belum tuntas berjumlah 4 orang atau 16.67%. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa tentang materi membaca peta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran STAD aktivitas siswa pada pembelajaran lebih terfokus kemateri dan dengan penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011