ESSAY

Writer / NIM
MUNAWIR DULMAN / 151412308
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Munawir Dulman, 2014. Judul penelitian"Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Materi Perjuangan Dalam mempertahankan Kemerdekaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato" dibawah Bimbingan Bapak Drs. H. Haris Mahmud.,M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Samsi Pomalingo,S.Ag.,MA selaku pembimbing II. Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPS materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan melalui model pembelajaran tipe STAD di kelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato. Hasil evaluasi belajar siswa dalam pada siklus I menunjukkan hasil evaluasi belajar siswa tentang hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pencapaian diatas ketuntasan pembelajaran 70% adalah sebanyak 21 orang siswa atau 73% dan siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pembelajaran rendah 8 orang siswa atau 27%. Hal ini berarti bahwa belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS, sementara beberapa siswa belum mencapai kriteria KKM yang diharapkan. Hasil evaluasi belajar pada siklus II untuk meningkatkan pembelajaran pada siklus II tentang hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pencapaian diatas ketuntasan pembelajaran 75% adalah sebanyak 25 orang siswa atau 90% dan siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pembelajaran rendah 3 orang siswa atau 10%. Dengan demikian dari 29 orang siswa, terdapat 26 orang siswa atau 90% mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Perjuangan Dalam mempertahankan Kemerdekaan pelajaran IPS atau dapat melebihi kriteria yang telah ditetapkan sebesar 75%, sementara 3 orang siswa atau 12% belum mencapai kriteria tuntas dalam hasil belajarnya. Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi "Jika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diterapkan pada IPS, maka hasil belajar siswa meningkat SD Negeri 6 Marisa Kelas V Kabupaten Pohuwato".dapat diterima. Kata Kunci; Hasil Belajar dan Model Pembelajaran STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011