ESSAY

Writer / NIM
LILI DUNCE DIKO / 151412344
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Lili Dunce Diko. 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Zulaiha Ngiu M,Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag. M,A Permasalahan dalam penelitian ini adalah Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara kurang memuaskan karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 70%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses Melalui Model Talking Stick dapat meningkatkan motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan Model Talking Stick ketuntasan hanya berjumlah 4 orang atau sebesar 40%, pada siklus I meningkat menjadi 6 orang atau sebesar 60% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 9 orang atau ketuntasan sebesar 90%. Dengan demikian bahwa Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick dapat meningkat dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Sistem Pemerintahan Pusat, Model Talking Stick.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011