ESSAY

Writer / NIM
KASMA LAKORO / 151412358
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK KASMA LAKORO. Nim; 151 412 358 Judul Penelitian "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas III SDN 01 ManangguKabupatenBoalemo". Skripsi. Drs.H.HarisMahmud,M.Si dan Ibu Nurhayati Tine,S.Pdi.,M.Hiselaku pembimbing I dan Pembimbing II. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa tentang tema Kegemaran Kelas III di SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kegemaran melalui model pembelajaran Jigsaw Kelas III di SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK).PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil belajar siswa dalam tiga aspek kepercayaan diri, keberanian dan kerjasama secara signifikan dalam pembelajaran IPS Materi memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang pada pelajaran IPS pada siswa kelasIII SDN 01 Mananggu setelah diadakan tindakan melalui 1 dan2 siklus pada penelitian ini. Pada observasi awal hanya sebanyak 12 siswa (34%) yang memiliki hasil belajar baik. Saat dilakukan penindakan pada siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa menjadi 23 siswa (66%) yang memiliki hasil belajar baik yang ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek kepercayaan diri, keberanian dan kerjasama siswa tersebut. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang pada pelajaran IPS hingga mencapai 29 siswa (83%). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang di lakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS materi Jenis Pekerjaan dan Penggunaan uang pada pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa Kelas III SDN 01 Mananggu Kabupaten Boaemo meningkat. Kata Kunci ;Hasil Belajar dan Model Jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011