ESSAY

Writer / NIM
TISNI LAKORO / 151412367
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK TISNI LAKORO. NIM; 151 412 367 Judul Penelitian "Penerapan Metode Bermain Peran Dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar IPS Siswa Kelas V Pada Materi Tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara Kelas V di MI Alkhairat Mananggu Kabupaten Boalemo". Skripsi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa Kelas V di MI Alkhairat Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPS melalui metode bermain peran Kelas V MI Alkhairat Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil perolehan nilai pada Siklus I setelah dilakukan persiapan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran maka dapat diperoleh hasil pembelajaran yang kreatif tentang Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara siswa kelas V MI Alkahirat Mananggu. Hasilnya di peroleh nilai tiap aspek dengan nilai rata-rata kelas V MI Al-Khairat Mananggu dalam kreativitas belajar tentang Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara dengan menggunakan metode bermain peran yaitu untuk kriteria KKM Tuntas berjumlah 7 0rang (64%) sedangkan kategori tidak tuntas kreativitas belajarnya berjumlah 4 orang (36%). Sementara pada siklus II setelah diadakan perbaikan dan dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran maka dapat diperoleh hasil belajar yang kreatif siswa kelas V MI Al-Khairat Mananggu. Dan pada siklus II hasil perolehan nilai tiap aspek dapat diperoleh nilai rata-rata kelas V MI Al-Khairat Mananggu dalam kreativitas belajar siswa pada materi Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara dengan menggunakan metode bermain peranyaitu untuk kriteria tuntas kreativitas belajarnya berjumlah 11 orang (100%). Berdasarkan kesimpulan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran ini diterapkan maka kreativitas belajar siswa di kelasVMI Alkhairat Mananggu akan meningkat, dapat diterima atau dengan kata lain baik hipotesis tindakan maupun indikator kinerja dapat diterima dengan bukti-bukti yang ada. Kata Kunci ;Kreativitas, Belajar dan Metode Bermain Peran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011