ESSAY

Writer / NIM
DIANA MOODUTO / 151412375
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Diana Mooduto. 2014. Meningkatkan Pemahaman Tentang Materi Sumber Energi melalui pendekatan kontekstual di Kelas II SDN 06 Mananggu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman Tentang Materi Sumber Energi melalui pendekatan kontekstual di Kelas II SDN 06 Mananggu. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan Bahwa setiap kali tindakan dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti pada siklus II indikator kinerja yang ditetapkan yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang paham dalam materi sumber energi hanya sebanyak 8 siswa (29%) meningkat menjadi 22 siswa (78%) dari jumlah 28 siswa. Sedangkan 6 atau (22%) siswa merupakan jumlah siswa yang tidak mampu dan akan diperbaiki melalui proses remedial. Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan pendekatan kontekstual secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karenanya peneliti telah yakin bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pemahaman siswa materi sumber energi Kelas II SDN 06 Mananggu telah meningkat. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Pendekatan Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011