ESSAY

Writer / NIM
RIANTO TAMRIN MOKO / 151412377
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Rianto Tamrin Moko.151 412 377 Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Demonstrasi dikelas V SDN 1 Tolinggula Ulu. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr.Lukman AR Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM, Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode demonstrasi. Tujuannya untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (53,33%), siklus II (84,88%), Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap Aktivitas Belajar Siswa SDN 1 Tolinggula Ulu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata kunci : Aktivitas Belajar, dan Metode Demonstrasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011