ESSAY

Writer / NIM
RAIHAN IDRUS IBRAHIM / 151412382
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
Adapun yang menjadi tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran tipe bamboo dancing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi koperasi di Kelas V SDN 03 Mananggu. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dari dua siklus dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Motivasi belajar siswa ini, sangat erat hubungannya dengan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran tipe bambu duncing. Meskipun kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dan telah berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa, masih perlu pengembangan lebih lanjut. Hal ini sesuai dengan analisis data hasil penilaian, dimana motivasi belajar siswa belum dapat meningkat pada siklus I,sehinnga harus diperbaiki dan disempurnakan pada siklus berikutnya (Siklus II ). Penelitian tindakan pada siklus 1 hanya 13 orang atau 65% 7 meningkat pada siklus 2 dari 20 orang siswa, terdapat 17 orang siswa atau 85% mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada materi pelajaran IPS atau dapat melebihi kriteria yang telah ditetapkan sebesar 80% sementara 4 orang atau 15% belum mencapai kriteria tun tas dalam evaluasi belajarnya. Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi " Jika guru menerapkan model pembelajaran tipe Bamboo dancing, maka motivasi belajar siswa materi koperasi Kelas V SDN 03 Mananggu tentu akan meningkat." Dapat diterima. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Model Tipe Bamboo dancing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011