ESSAY

Writer / NIM
MULYATI BANGI / 151412387
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Mulyati Bangi. 2014. Penggunaan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatan Ranah Kognitif dan Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 11 Telaga Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.HI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan ranah kognitif dan afektif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 11 Telaga Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ranah kofnitif dan afektif siswa dengan penggunaan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 11 Telaga Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN 11 Telaga Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan 2 orang siswa yang memperoleh kriteria tuntas 8 % dengan daya serap 55 %. Pada siklus II meningkat menjadi 21 orang siswa atau 81 % dan daya serap 84 % dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kriteria tuntas atau indikator tercapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan ranah kognitif dan afektif siswa. Kata Kunci: Ranah Kognitif dan Afektif, Mata Pelajaran IPS, Pendekatan Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011