ESSAY

Writer / NIM
NUR S. BIKI / 151412394
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Nur S. Biki, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Metode (Mind Mapping) Pada Siswa Di Kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj Evi Hasyim,M.Pd dan Pembibing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan apakah Kemampuan menulis melalui metode mind mapping pada siswa di kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo dapat di tingkatkan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo melalui menggunakan metode mind mapping. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu untuk memperoleh data kemampuan menulis siswa melalui metode mind mapping pada siswa di kelas II SDN 1Tilango Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis pada pelaksanaan obervasi awal dari 20 jumlah siswa yang mampu 2 siswa (10%) dan yang tidak mampu 18 siswa (90%). Kemudian pada siklus I yang mampu 11 siswa(55%) dan yang tidak mampu 9 siswa(45%) dari 20 jumlah siswa. Pada siklus II terdapat 16 orang siswa (80%) yang mampu, sedangkan yang tidak mampu 4orang siswa (20%) Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Mind Mapping,
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011