ESSAY

Writer / NIM
HAIRA LAMAKE / 151412396
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Haira lamake. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si Dan pembing II Samsi Pomalingo S.Ag, M,A. Berdasarkan pembatasan masalah yang telah peneliti kemukakan maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah pemahaman siswa siswa pada materi sumber daya alam dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran induktif mata pelajaran ips kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami peningkatan pemahaman pada siklus II sejumlah 30 orang siswa atau sebesar 93.3% dari hasil kondisi awal 33.3%. dan siklus I 73.3% Sedangkan siswa yang belum mencapai target sejumlah 2 orang atau 7%. Dari data hasil siklus II menunjukkan bahwa pemahaman siswa tersebut melebihi target indikator kinerja sebesar 75% dari jumlah siswa sebanyak 30 orang dengan nilai KKM 70. Dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS sudah baik dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan Kata kunci: pemahaman siswa, Pendekatan Pembelajaran Induktif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011