ESSAY

Writer / NIM
MUKMIN RUDIN TAMIM / 151412400
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Mukmin Rudin Tamim. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN I Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR Laliyo, S.Pd, M.Pd MM dan Pembimbing II Meilan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara ?". Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Konsep Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN I Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Pada observasi awal hanya 12 siswa (40%) yang tuntas dari 30 siswa, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 22 siswa (73,3%) selanjutnya pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat lagi menjadi 27 siswa (90%). Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011