ESSAY

Writer / NIM
NOVITA MAHMUD / 151412401
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Novita Mahmud, 2014. Judul penelitian"Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Benda Melalui Metode Demonstrasi di Kelas 1 SDN 01 Mananggu"skripsi dibawah Bimbingan Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd selaku pembimbing I dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa materi benda pada Kelas I SDN 01 Mananggu. Adapun tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa materi benda melalui metode demontrasi di Kelas 1 SDN 01 Mananggu. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan Hasil pelaksanaan tindakan siklus I dengan rata-rata keberhasilan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi benda melalui kegiatan demonstrasi yang sebelumnya pada observasi awal berjumlah 6 orang siswa atau 35.29% saja, pada siklus I meningkat sebanyak 5 siswa menjadi 11 orang siswa (64.7%) yang sudah mampu dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni menjadi 13 siswa atau 76.5% yang sudah mampu dan persentase ini sudah memenuhi standar ketuntasan minimal yakni 75. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman siswa materi benda pada setiap siklus. Secara khusus peningkatan kemampuan tersebut terjadi sangat signifikan pada aspek memahami benda yang bergerak. Dengan demikian secara garis besar dapat dikatakan bahwa: "Jika guru menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran, maka pemahaman siswa materi benda Kelas 1 SDN 01 Mananggu dapat meningkat Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Metode Demonstrasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011