Writer / NIM
LINA ISA / 151412404
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
Lina Isa.2014.Judul Penelitan "Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa,
pada materi mengenal permasalahan sosial didaerahnyapelajaran IPS melalui PBM
Kelas IV SDN 09 Mananggu, kabupaten Boalemo". Skripsi.
Program PPKHB. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud M.Si dan Pembimbing
II Samsi Pomalingo S.Ag.MA
Rumusan masalah " Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat
meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi " Mengenal Permasalahan
sosial didaerahnya, Pelajaran IPS di kelas IV SDN 03 Mananggu, kabupaten Boalemo.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan
pada siklus 1 pemahaman dan hasil belajar siswa sebesar 30%, pada siklus 2 meningkat
menjadi 76%. Sehingga penelitian ini telah sesuai dengan indikator yang diharapkan yaitu
minimal 75% .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat
meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa SDN 03 Mananggu.
Kata Kunci : Pemahaman dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Download files