ESSAY

Writer / NIM
LINA ISA / 151412404
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
Lina Isa.2014.Judul Penelitan "Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa, pada materi mengenal permasalahan sosial didaerahnyapelajaran IPS melalui PBM Kelas IV SDN 09 Mananggu, kabupaten Boalemo". Skripsi. Program PPKHB. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag.MA Rumusan masalah " Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi " Mengenal Permasalahan sosial didaerahnya, Pelajaran IPS di kelas IV SDN 03 Mananggu, kabupaten Boalemo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pada siklus 1 pemahaman dan hasil belajar siswa sebesar 30%, pada siklus 2 meningkat menjadi 76%. Sehingga penelitian ini telah sesuai dengan indikator yang diharapkan yaitu minimal 75% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa SDN 03 Mananggu. Kata Kunci : Pemahaman dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011