ESSAY

Writer / NIM
AGUSTIN S. ARSAD / 151413008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK AGUSTIN ARSYAD, 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Teknik Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj Salma Halidu S.Pd M.Pd dan Pembimbing II, Dra. Ratnarti Pahrun , M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah ''Apakah melalui tehnik CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis paragaraf di kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kab.Gorontalo'' ? . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi melalui teknik CIRC diKelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kab.Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas , tehnik pengumpulan data, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi awal menunjukkan dari 19 Desember 2016 ada 8 otang atau 40% siswa yang mampu menulis paragraf argumentasi. Setelah dilaksanakan siklus I menjadi 11 orang atau 55% siswa, kemudian dilanjutkan dengan siklus II kemaampuan siswa menulis paragraf menjadi 17 atau 85% . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkam bahwa dengan menggunakan teknik CIRC dalam kemampuan menulis paragraf argumentasi dikelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kab.Gorontalo meningkat. Kata kunci : Menulis paragraf argumentasi, Teknik CIRC
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011