ESSAY

Writer / NIM
SRI WAHYUNI MALANGO / 151413014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Malango Sri Wahyuni. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang bunga Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di Kelas IV SDN 69 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abd Haris Panai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah S.Si, M.Pd. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rumusan masalah yaitu apakah dengan menggunakan model quantum teaching hasil belajar siswa di kelas IV SDN 69 Kota Timur Kota Gorontalo akan meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bunga melalui penerapan quantum teaching di kelas IV SDN 69 Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) serta refleksi. Hasil belajar yang diperoleh dari siswa yang dikenai tindakan pada siklus I dan siklus II berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siklus I terdapat 12 siswa yang tuntas (52,18%) dan tidak tuntas berjumlah 11 siswa (47,82). Pada siklus II, mengalami peningkatan yaitu sebnyak 21 siswa yang tuntas (91,30) dan yang tidak tuntas 2 siswa (8,69). Berdasarkan kajian dari data siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang bunga di kelas IV SDN 69 Kota Timur Kota Gorontalo Kata Kunci : Hasil Belajar, Bunga, Penerapan, Model, Pembelajaran, Quantum Teaching ABSTRACT Malango, Sri Wahyuni. 2017. Increasing Students' Learning Outcome about Flower through Quantum Teaching Method at Grade VI SDN 69 Kota Timur, Gorontalo City. Undergraduate Thesis, Study Program of Primary School Teacher Education. Faculty of Education. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Prof. Dr. Abd Haris Panai, S.Pd, M.Pd. Co-Supervisor: Gamar Abdullah S.Si, M.Pd. This classroom action research formulates a problem statement of whether or not the use of quantum teaching can increase the learning outcomes of sixth-grade students at SDN 69 Kota Timur, Gorontalo City. This research aims to increase the students' learning outcomes about flower through quantum teaching method at grade VI SDN 69 Kota Timur, Gorontalo City. This research was conducted in two cycles; each of them consists of planning, implementation, observation and reflection stages. The students' learning outcomes in cycle I and cycle II amounted to 23 students consisting of 7 male students and 16 female students. In cycle I, there are 12 students (52,18%) who have passed the standard minimum and 11 students (47,82%) who have not. In contrast, cycle II results in an improvement in which 21 students (91.30%) have passed the minimum standard, and only two students (8.69%) have not. It can be concluded that quantum teaching approach can increase the students' learning outcomes about the flower in the site area. Keywords: Learning outcomes, Flower, Application, Model, Learning, Quantum teaching
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011