ESSAY

Writer / NIM
PRAHAYU SAUD / 151413024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Prahayu Saud. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Gambar Seri (Picture and Picture) Pada Siswa Kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan gambar seri (picture and picture) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi melalui gambar seri (picture and picture) pada siswa kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa hanya 6 orang (30%) yang mampu, dan 14 orang (70%) yang tidak mampu menulis karangan narasi. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 11 orang (55%) yang mampu, 3 orang (15%) yang kurang mampu, dan 6 orang (30%) yang tidak mampu menulis karangan narasi. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 17 orang (85%) yang mampu, dan 3 orang (15%) kurang mampu menulis karangan narasi. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui gambar seri (picture and picture) kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Gambar Seri (Picture and Picture). ABSTRACT Prahayu Saud. 2017. Improving Narrative Text Writing Ability through Picture and Picture Learning Model at Grade III in SDN 7 Tilongkabila, District of Bone Bolango. Skripsi, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd and Co-supervisor is Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Problem statement of this research is whether or not the by applying picture and picture learning model, narrative text writing ability of students at grade III in SDN 7 Tilongkabila can be improved. It aims at improving narrative text writing ability through Picture and Picture learning model at grade III in SDN 7 Tilongkabi, District of Bone Bolango. It applies classroom action research. Techniques of data collection are observation, test, and documentation. Findings reveal that in initial observation, out of 20 students, 6 students or 30% are categorized as able and 14 students or 70% are not able. In cycle I, II students or 55% are categorized as able, 3 students or 15% are less able, and 6 students or 30% are not able. Then, in cycle II, there is a significance improvement in which 17 students or 85% are able and 3 students or 15% are not able. Based on the findings, it can be concluded that by applying picture and picture learning model, narrative text writing ability of students at grade III in SDN 7 Tilongkabila ca be improved. Keywords: Narrative Text Writing Ability, Picture and Picture Learning Model
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011