ESSAY

Writer / NIM
SRI AWINDI BENTU / 151413026
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Sri Awindi Bentu. 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Active Debate Kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan mengunakan staregi pembelajaran active debate dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas 5 SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo"?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui staregi pembelajaran active debate di kelas 5 SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo Dari hasil observasi awal menunjukkan dari 35 jumlah siswa terdapat 11 orang siswa atau 31 % yang tuntas dan 24 siswa atau 68% yang tidak tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 31% atau 11 orang siswa yang tuntas meningkat menjadi 48% atau 17 orang siswa yang tuntas dan 24 siswa atau 68%yang masi belum tuntas mengalami penurunan menjadi 51% atau 18 orang siswa yang belum tuntas. Kemudian Pada siklus II terjadi perubahan yang lebih baik lagi dimana dari 18 orang siswa atau 51% yang belum tuntas mengalami penurunan menjadi 2% atau hanya 1 orang siswa yang mengalami belum tuntas dan dari 17 orang siswa atau 48 % yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 97% atau 34 orang siswa yang sudah tuntas. Kata Kunci : Motivasi, Belajar Siswa, PKn ABSTRACT Sri Awindi Bentu. 2017. Improving Student' Learning Motivation In Civics Education Learning by Applying Active Debate Learning Strategy at Grade V in SDN 4 Telaga, District of Gorontalo. Skripsi, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Elmia Umar, M.Pd and Co-supervisor is Nurhayati Tine, S.Pd.I,M.H.I Problem statement of this research is whether or not by applying Active Debate learning Strategy, students' learning achievement at Grade V in SDN 4 Telaga, District of Gorontalo can be increased. It aims at improving students' learning motivation in civics education learning by Applying Active Debate Learning Strategy at grande V in SDN 4 Telaga, District of Gorontalo. In initial observation, there are 11 student or 31% out of 35 students who have been complete while 24 students or 68% who have not been complete. In cycle I, there are 17 students or 48% who have been complete and 18 students or 51% who have not to 34 students or 97 % and those who have not been complete yet decrease to 1 studentt or 2% Keywords : Motivation, Learning Achievement, Civics Education
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011