ESSAY

Writer / NIM
SARLIN FEBRIAYANTI NUSI / 151413045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Nusi, Sarlin Febriayanti. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Kelas V SDN 6 Limboto Barat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sukirman Rahim M.Si, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 6 Limboto Barat dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning)?" penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 6 Limboto Barat melalui model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, siswa yang tuntas dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya sebanyak 15 orang (62,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 9 orang (37,5%). Hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni 80% sehingga dilanjutkan pada siklus ke II, pada siklus ke II yang tuntas sebanyak 21 orang (87,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 orang dengan presentase 12,5%. Hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 6 Limboto Barat hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, model pembelajaran berbasis pengalaman
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011