ESSAY

Writer / NIM
CIN LAMBARI / 151413056
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Cin Lambari. 2017. NIM 151 413 056. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Word Square Pada Pelajaran IPS di Kelas V SDN 4 Anggrek Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. SI PGSD FIP UNG. Pembimbing I: Dra. Hakop Walangadi, S.Pd M.Si dan Pembimbing II: Muhammad Sarlin, S.Pd M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model pembelajaran Kooperatif Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di Kelas V SDN 4 Anggrek Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan penelitian ini adalah "untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Word Square pada pelajaran IPS di Kelas V SDN 4 Anggrek Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Anggrek Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 30 orang siswa dengan tahapan penelitian yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Word Square. Berdasarkan hasil penelitian siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 70% yaitu 21 siswa yang memiliki ketuntasan dan 9 orang yang belum mencapai ketuntasan. Siklus II sebanyak 90% yaitu 27 orang siswa yang telah mencapai ketuntasan dan atau 3 orang siswa belum mencapai ketuntasan pada pelajaran IPS. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Word Square pada pelajaran IPS tentang Tokoh-tokoh yang berperan mempertahankan kemerdekaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 4 Anggrek Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, pembelajaran Kooperatif Word Square
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011