ESSAY

Writer / NIM
SILPANA Y. ABAS / 151413064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Silpana Y. Abas. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui Model Take And Give pada Siswa Kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Take and Give dapat meningkakan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah "Untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give pada siswa kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tindakan model pembelajaran Take and Give. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 27 orang siswa dengan tahapan penelitian yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Penelitian ini menjelaskan bahwa pada siklus I materi tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dari 27 orang siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar ada 19 orang siswa dengan presentase 70%, sedangkan pada siklus II materi tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dari 27 orang siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar ada 24 orang siswa dengan presentase 89% dan sudah mencapai nilai ketuntasan di atas 75. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Take and Give ABSTRACK Silpana Y. Abas. 2017. Improving Students' Learning Achievement in Social Science Subject through Take and Give Model at Grade V in SDN 3 Batudaa Pantai, District of Gorontalo, Skripsi. Bacheour Study Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si and Co-supervisor is Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Problem statement of this research is whether or not by applying Take and Give learning model, grade V students' learning achievement in SDN 3 Batudaa Pantai, Gorontalo District can be improved. It aims at improving students' learning achievement in social science subject trough Take and Give model at grade V in SDN 3 Batudaa Pantai, District of Gorontalo. This is a classroom action research by applying Take and Give model as applied learning model. Research subject are 27 students at grade V in SDN 3 Batudaa Pantai, District of Gorontalo. Research stages are planning, implementation, evaluation and reflection. Object is students' learning achievement in Social Science subject by applying Take and Give learning model. Finding reveals that in cycle I, on Indonesian Independence Proclamation topic, there are 19 students or 70% out of 27 students whose learning achievement are complete, In cycle II, on Fight for Independence there are 24 students or 89% out of 27 students whose learning achievement are complete and exceeds completeness value above 75. Based on the findings, it can be concluded that by applying Take and Give learning model, grade V students' learning achievement in SDN 3 Batudaa Pantai, Gorontalo District can be improved. Keywords : Learning Achievement, Take and Give
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011