ESSAY

Writer / NIM
LIA NOVIANA PAKAYA / 151413068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Lia Noviana Pakaya, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SDN No. 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil belajar siswa pada siklus I, sebesar 33% dan pada siklus II sebesar 90%. Dari keseluruhan tindakan pada penelitian tindakan kelas dapat dikatakan berhasil apabila hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Sehingga dapat membawa kearah peningkatan proses pembelajaran serta peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas V SDN 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Inquiri, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011