ESSAY

Writer / NIM
YULIN SALEH / 151413089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Yulin Saleh. 2017. Penggunaan Media LCD Proyektor Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam menggunakan media LCD proyektor pada mata pelajaran PKn dikelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan tahapan penelitian terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa menggunakan media LCD proyektor ditinjau dari aspek perasaan senang terdapat 17 orang siswa atau ( 80.95%) yang termasuk kategori berminat, dan 4 orang siswa atau (19.04%) yang termasuk tidak berminat, aspek ketertarikan terdapat 20 orang siswa atau (95.23%) yang termasuk kategori berminat, dan 1 orang siswa atau (4.76%) yang termasuk kategori tidak berminat, aspek perhatian terdapat 19 orang siswa atau ( 90.47%) yang memperoleh kategori berminat, dan 2 orang siswa atau (9.52%) yang termasuk kategori tidak berminat, dari aspek keterlibatan terdapat 21 siswa atau (100%) yang memperoleh kategori berminat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn dapat ditingkatkan dengan menggunakan media LCD proyektor. Kata Kunci : Minat Belajar, Media LCD Proyektor, Mata Pelajaran PKn ABSTRACT Yulin Saleh. 2017. The Use of LCD Projektor Media In Improvimg Students' Learning Achievement in Civics Education Subject at Grade III in SDN 7 Tilongkabila, District of Bonebolango. Skripsi. Departemen of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University og Gorontalo. Principal supervisor is Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd and Co-supervisor is Samsi Pomalingo, S.Ag, MA. This research aims at improving students' learning interest by utilizing LCD projektor in Civics Education subject at grade III in SDN 7 Tilongkabila, District of Bonebolango . I' applies classroom action research in which its stages consist of planning, implementation, observation and reflection. Finding reveals that observed from aspect of feeling happy; there are 17 students (80.95%) categorized into interested and 4 students (19.04%) are categorized into not interested, aspect of interest; 20 students (95.23%) are categorized into interested, and I student or (4.76%) is categorized, aspect attention; 19 students (90.47%) are categorized into interested and 2 students (9.52%) categorized into not interested, and involvement aspect; 21 students (100%) are categorized into interested. Based on finding, it can be concluded that students' learning interest in Civics Education subject can be improved by applying LCD projektor as media. Keywords: Learning Interest, LCD Projector Media, Civics Education Subject
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011