ESSAY

Writer / NIM
WINDRAWATI U. KADIR / 151413090
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Windrawati U. Kadir, 2017. Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Projected Motion Media dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rustam Husain S.Ag, M.Pd dan Pembimbing II. Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Rendahnya Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. (2) Media pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa ketika mengajar sehingga mengakibatkan pemahaman siswa rendah. (3) Fasilitas/media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik. Tujuan penelitian ini meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS melalui projected motion media di kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai evaluasi siswa siklus I dan siklus II. Data presentase siswa siklus I yaitu tuntas 60% yang tidak tuntas 40%, sedangkan presentase hasil belajar siswa siklus II yaitu tuntas 86,66% yang tidak tuntas 13,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa projected motion media dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Pemahaman, IPS, Projected Motion Media
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011