ESSAY

Writer / NIM
RIKA ABD. RAHMAN / 151413093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Rika Abd Rahman, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim,M.Pd dan Pembimbing II Hj. Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. Adapun masalah dalam penelitian ini dirumuskan yakni : Apakah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo" sedangkan tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran Make A Match Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I dan siklus II model pembelajran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Hal ini terlihat pada siklus I bahwa jumlah siswa yang telah memenuhi KKM mencapai 63%. Namun setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 96%. Hal ini dapat pula dimaknai bahwa siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 33%, sehingga hipotesis penelitian tindakan kelas ini terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Make A Match, Pendidikan Kewarganegaraan PKn.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011