ESSAY

Writer / NIM
NURUL RAHMI / 151413095
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
Rahmi, Nurul. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si., Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Motode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh dari siswa yang dikenai tindakan pada siklus 1 dan siklus II, berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Siklus 1 terdapat 20 siswa yang tuntas (64.51%) dan tidak tuntas berjumlah 11 siswa (35.048%). Pada siklus II, 27 siswa yang tuntas (87.09%) dan tidak tuntas 4 siswa (12.90). berdasarkan kajian diri data siklus 1 dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Proses Pembentukan Tanah di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Tipe TSTS, Pembelajaran IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011