ESSAY

Writer / NIM
DEVITRIANA ABDULLAH / 151413122
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Devitriana Abdullah. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melaluli Model Debate Pada Mata Pelajaran IPA materi keseimbangan ekosistem di Kelas VI SDN 01 Randangan Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Debate pada Mata Pelajaran IPA materi keseimbangan ekosistem di Kelas VI SDN 01 Randangan Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Pemantauan dan Evaluasi, Tahap Analisi dan Refleksi. Data hasil pengamatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 12 orang atau 46,2%, yang belum tuntas berjumlah 14 orang siswa atau 53,84% dan pada siklus II siswa yang tuntas 20 orang atau 76,92% dan yang belum tuntas 6 orang siswa atau 23,07%. Hasil ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model Debate terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan model Debate aktivitas siswa pada pembelajaran lebih terfokus kemateri dengan menggunakan model Debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 01 Randangan Kabupaten Pohuwato. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Debate
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011