ESSAY

Writer / NIM
RIVALDI AKASIR / 151413127
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Rivaldi Akasir. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Objek Secara Langsung Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah dengan melalui teknik objek secara langsung kemampuan siswa kelas V SDN 13 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo dalam menulis puisi dapat meningkat?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui teknik objek secara langsung pada kelas V SDN 13 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal hanya 4 siswa atau 33,33% dari 12 siswa yang mampu menulis puisi dengan baik. Pada siklus I jelas menunjukan bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan menulis mengalami peningkatan yaitu menjadi 8 siswa atau 66,66%, selanjutnya pada siklus II Persentase hasil capaian mengalami peningkatan menjadi 11 siswa atau 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui teknik objek secara langsung kemampuan siswa dalam menulis puisi pada kelas V SDN 13 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo meningkat. Kata Kunci : Menulis Puisi, Teknik Objek Secara Langsung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011